Ada seorang penebang kayu yang baru bergabung dan raja sangat terkesan dengan dedikasinya terhadap pekerjaannya. Karena semangatnya, ia mulai memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya dan menebang 18 pohon di bulan pertama dan raja pun senang.

Bulan berikutnya dia melakukan upaya yang sama tetapi hanya bisa menebang 15 pohon. Dan pada bulan ketiga, ia masih berusaha sekuat tenaga namun hanya mampu menebang 12 pohon. Raja mengunjunginya pada bulan ketiga dan membicarakan penurunan produktivitasnya.

Dia menjelaskan bahwa dia mungkin kehilangan tenaga atau menjadi terlalu tua untuk melakukan pekerjaan itu. Raja bertanya kepadanya, “Kapan terakhir kali kamu mengasah kapakmu?” Yang mengejutkan, dia bahkan belum melakukannya sekali pun dalam tiga bulan terakhir. Itulah satu-satunya alasan mengapa dia tidak bisa menebang pohon sebanyak sebelumnya.

Moral: Adalah baik jika Anda mengerahkan banyak upaya dan kerja keras untuk mencapai tujuan Anda. Namun, Anda harus menyeimbangkan prioritas hidup Anda dan menginvestasikan waktu bersama keluarga dan meluangkan waktu untuk bersantai. Inilah yang akan meningkatkan produktivitas Anda.

(diadaptasi dengan penyesuaian dari https://www.momjunction.com/articles/best-online-inspirational-stories-for-your-child_0093785/)

Cerita Inspiratif lain..

Lepaskan Stres Anda

Persahabatan 3 Ekor Ikan

Kebaikan Tidak akan Sia-Sia

Keterbatasan Pada Pikiran Kita Sendiri