Pada sebuah danau besar terdapat banyak ikan yang hidup di dalamnya. Dari semua ikan tersebut, tiga diantaranya adalah sahabat karib yang selalu bersama. Mereka tidak pernah meninggalkan sisi satu sama lain.

Suatu hari, seorang nelayan datang ke danau ini. Melihat ikannya banyak, ia mengajak nelayan lain untuk menebar jala. Ketiga ikan tersebut khawatir akan ditangkap dan dibunuh oleh para nelayan.

Ikan bijak di antara mereka berkata, “Kita harus berenang ke danau lain untuk segera pindah dari sini.” Meskipun salah satu ikan setuju, ikan lainnya enggan karena merasa danau tersebut adalah rumah mereka. Ia berkata, “Kita tidak boleh bersikap pengecut, danau ini adalah rumah kita.”

Dua ikan lainnya berusaha keras meyakinkan temannya, tetapi gagal. Jadi mereka memutuskan untuk berpisah dan pergi mencari danau yang baru. Keesokan harinya, saat nelayan datang, ikan yang enggan pergi ditangkap dan mati.

Moral: Selalu lihat gambaran yang lebih besar dan lepaskan keterikatan sementara dalam situasi krisis.

(diadaptasi dengan penyesuaian dari https://www.momjunction.com/articles/best-online-inspirational-stories-for-your-child_0093785/)

Cerita Inspiratif lain..

Kebaikan Tidak akan Sia-Sia

Keterbatasan Pada Pikiran Kita Sendiri

Berani Bermimpi Besar

Kisah Tentang Koloni Katak