Terapi Edukatif secara rutin menyelenggarakan perayaan Natal Siswa sebagai bentuk perayaan untuk memperingati hari kelahiran Tuhan Yesus ke Dunia. Diharapkan, Siswa Terapi Edukatif dapat mengerti arti dari Natal dan dapat terus menebarkan kasih Natal kepada sesama.

Natal Siswa Terapi Edukatif tahun 2023 ini mengusung tema “Aku Dikasihi karena Allah Peduli” dan dilaksanakan secara onsite untuk pertama kalinya setelah pandemi. Adapun tujuan dari tema ini adalah Karena Tuhan sudah menebarkan cinta kasih kepada Siswa Terapi Edukatif jadi Siswa Terapi Edukatif juga dapat menebarkan cinta kasih kepada sesamanya

Sesi Acara Perayaan Natal

Natal Siswa Terapi Edukatif 2023 telah dilaksanakan pada Kamis, 14 Desember 2023 mulai pukul 15.30 WIB sampai dengan 17.00 WIB di Ruang Meeting Lt. 2 SDK 2 PENABUR Jakarta dan diikuti kurang lebih 21 peserta didik Terapi Edukatif dan 6 tamu undangan. Adapun susunan acara yang diselenggarakan antara lain adalah sebagai berikut:

Natal Siswa Terapi Edukatif dipimpin oleh Ibu Yuni sebagai master of ceremony dan dibuka dengan menyanyikan pujian “Slamat – Slamat Datang Yesus Tuhanku”. Kemudian dilanjutkan dengan doa pembuka yang dibawakan oleh Ibu Kumalasari Onggobawono selaku Kepala Divisi Pendidikan BPK PENABUR Jakarta . Setelah itu, Bapak Iening Ananta Wali Pengurus Bidang Pendidikan BPK PENABUR Jakarta menyampaikan kata sambutan.

Kemudian, dilanjutkan dengan penampilan Siswa Terapi Edukatif yang berjumlah 6 siswa yang membacakan puisi secara bergantian atau berantai. Setelah selesai pembacaan puisi berantai, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Sayang – Sayang Disayang” dan lalu masuk ke sesi penyampaian firman yang dipimpin oleh Pdt. Wendy Pratama Gow.

Setelah Firman Tuhan selesai, dilanjutkan dengan penampilan siswa yang kedua yaitu menari. Siswa yang menari berjumlah 11 siswa yang diiringi dengan lagu “Merry Twistmas Pinkfong”.

Acara selanjutnya adalah membuat aktivitas Natal. Siswa duduk berkumpul bersama dengan terapisnya masing – masing. Bentuk aktivitasnya adalah menghias gambar tangan yang sudah dibuat oleh Siswa Terapi Edukatif sebelumnya.

Setelah Siswa Terapi selesai menghias tangan, Siswa Terapi Edukatif memberikan tangan yang sudah dihiasnya kepada orang tua atau wali dengan berkata ”Selamat Natal”. Gambar tangan ini adalah ungkapan kasih yang siswa nyatakan untuk orang tua atau wali.

Selanjutnya, acara  masuk kepada penyalaan lilin yang dipimpin oleh Ibu Nita (Koordinator Terapis) dan Bapak Hendra (Terapis) di barisan depan, diikuti dengan 6 pasang Siswa Terapi Edukatif. Makna lilin yang menyala ini adalah harapan dan ucapakan syukur dalam perayaan Natal kali ini.

Setelah penyalaan lilin selesai, acara berlanjut dengan penampilan siswa yang ketiga yaitu bernyanyi bersama dengan lagu “Ding Dong Ding” yang diikuti semua Siswa Terapi Edukatif. Sesi terbilang sebagai bagian yang paling seru karena semua siswa turut terlibat dalam gerak dan lagu.

Penutupan

Sebelum acara selesai, semua yang hadir dalam perayaan natal ini mendengarkan dahulu kata penutup yang akan disampaikan oleh Ibu Nita. Setelah itu, doa penutup dipimpin oleh Bu Lidya Ida Fatonah, Kabag Lapendik BPK PENABUR Jakarta. Terakhir, acara kemudian ditutup dengan lagu “We Wish You Merry Christmas” yang dinyanyikan semua yang hadir.

Acara Natal Siswa Terapi Edukatif secara keseluruhan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Para siswa, tamu undangan, dan juga beberapa orang tua yang mendampingi terlihat antusias selama acara berlangsung.

Penulis: Hendrawan Wicaksono (Terapis Terapi Edukatif/TE)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!