BPK PENABUR Jakarta menggelar Counselors’ Fair 2023 untuk menjawab kekhawatiran para pendidik, khususnya guru Bimbingan Konseling (BK) pada Sabtu (25/11) secara hybrid. Bersamaan dengan pertemuan luring di Aula SMAK 1 PENABUR, pertemuan daring melalui Zoom Meeting pun dijalankan untuk memfasilitasi para Guru BK yang berlokasi diluar Jabodetabek.

Mengambil sub tema Empowering Counselors in Digital Era, Seksi BK dan Psikoedukatif BPK PENABUR Jakarta sebagai penyelenggara kegiatan berharap agar guru BK sebagai konselor dapat menguatkan dan memperkaya diri sendiri serta memiliki strategi pendampingan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Saat ini para peserta didik BPK PENABUR adalah Generasi Z (Gen Z) yang lahir dan tumbuh di era digital. Dengan perubahan progresif dari waktu ke waktu, membawa konsekuensi adanya perbedaan cara pandang Gen Z dengan generasi sebelumnya dalam melihat dunia. Banyak kekhawatiran yang muncul karena adanya perubahan ini, salah satunya di dunia pendidikan. 

“Di era digital dengan perubahan yang serba cepat, kita sebagai konselor apalagi di dunia pendidikan, harus terus membaharui diri dengan keadaan dan pengetahuan terkini.”, ungkap Chandra Jon Trafolta saat memberikan laporan pertanggungjawaban kegiatan.

Counselors’ Fair yang mengambil tema Reaching, Caring, dan Sharing (ReCas) dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong bersama yang dipandu oleh Ibu Suzanne Carol, pengurus bidang pendidikan BPK PENABUR, Ibu Kumalasari Onggobawono, Kepala Divisi Pendidikan, Pengurus BPK PENABUR, Kepala Sekolah, dan Pejabat Struktural yang hadir.

“Saya berharap kegiatan yang meskipun dilaksanakan secara hybrid ini bukan hanya sekedar terlaksana, tapi yang terpenting adalah bagaimana kegiatan ini bermakna bagi kita. Ketika kita mampu memaknainya, kita akan mampu membangun diri kita, dan pada akhirnya kita dapat membangun orang-orang disekitar kita, khususnya membangun para peserta didik. Saya sangat berharap Bapak/Ibu dapat mengaplikasikan ilmu yang kita dapat hari ini untuk pelayanan kita kepada peserta didik.”, Suzanne berpesan kepada seluruh peserta.

Kegiatan ini disambut secara antusias oleh 245 peserta yang terdiri dari guru BK BPK PENABUR Jakarta dan BPK PENABUR setempat. Pertemuan ini diharapkan menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan berdiskusi para guru BK di BPK PENABUR untuk nantinya dapat memberikan pendampingan yang up to date kepada para peserta didik. Antusias para peserta juga dirasakan oleh Kumalasari Onggobawono, Kepala Divisi Pendidikan BPK PENABUR Jakarta. 

“Saya terkesan dengan semangat Bapak/Ibu yang hadir di sini serta tujuan dari Counselors’ Fair ini. Mari perlengkapi diri kita dengan ilmu-ilmu yang diberikan oleh narasumber untuk nantinya kita implementasikan di sekolah masing-masing.” ungkap Kumalasari membuka doa kegiatan ini. 

Untuk membekali salah satu tantangan serius yang dihadapi guru BK di era digital ini, Counselors’ Fair 2023 hadir dengan talkshow bersama Dr. Esther Widhi Andangsari, M.Si., Psikolog dan Greta Vidya Paramita, M.Psi., Psikolog yang bertajuk “Peran Guru BK dalam Memberikan Pemahaman Perkembangan Seksualitas Peserta Didik di Tengah Pengaruh Dunia Digital”. Talkshow ini mengupas bagaimana peran konselor di sekolah untuk memberikan pengetahuan dan pengertian yang tepat mengenai seksualitas kepada peserta didik di tengah gempuran arus informasi di dunia digital. 

Selain talkshow tersebut, para guru BK juga diberikan kesempatan untuk mengikuti Kapita Selekta yang menawarkan  8 pilihan topik yang relevan dengan kebutuhan mereka saat ini, dibawakan oleh para narasumber profesional. “Saya memilih topik terkait pertolongan pertama pada kesehatan mental karena topik ini sangat relevan dengan anak-anak yang saya hadapi saat ini.” jelas Gisela Winda,  Guru BK SMAK PENABUR Jababeka dan juga pemenang games pada Counselors’ Fair 2023 ini.

Selain topik “Pertolongan Pertama terhadap Isu Kesehatan Mental” oleh Arum Septi Mawarni, M.Psi., Psikolog, CH., CHT, beberapa topik lainnya seperti “Memahami Teknik-Teknik Modifikasi Perilaku dalam Menangani Permasalahan Peserta Didik” oleh Jovita Adyarani Murhanjati, S.Psi., M.Psi., Psikolog, topik “Pergeseran Pola Sosialisasi Peserta Didik di Masa Endemi” oleh Pinkan Margaretha Indira, M.Psi., Psikolog, CEC, dan topik “Mendampingi Peserta Didik dengan Pendekatan Humanistik” oleh Caroline Lisa Setia Wati, M.Pd, Kons.

Sumber: https://bpkpenabur.or.id/cities/jakarta/berita/berita-bpk-penabur-jakarta/bpk-penabur-counselors-fair-2023-recas-guru-bk-hadapi-era-digital

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!