Education Fair atau pameran pendidikan adalah agenda tahunan bagi semua sekolah di Jenjang SLTA BPK PENABUR Jakarta. Melalui kegiatan ini, setiap sekolah berusaha untuk membekali siswa dengan informasi selengkap-lengkapnya tentang pendidikan lanjutan. Baik untuk pendidikan dalam negeri maupun luar negeri.

Pada kegiatan ini, pihak sekolah akan menghadirkan Perguruan Tinggi, Universitas, hingga Agensi Pendidikan ke sekolah untuk membuka booth maupun melakukan presentasi. Para siswa dan orangtua berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan institusi. Dengan demikian, siswa dan orangtua dapat menanyakan semua hal yang dibutuhkan untuk merencanakan masa depan.

Jadwal Pelaksanaan Edufair

Saat ini, edufair Tahun Pelajaran 2022-2023 telah terselenggara di semua sekolah. Rincian jadwal pelaksanannya adalah sebagai berikut:

  • SMAK 1 PENABUR Jakarta pada tanggal 23 dan 24 September 2022
  • SMAK 2 PENABUR Jakarta pada tanggal 17 September 2022
  • SMAK 3 PENABUR Jakarta pada tanggal 23 September 2022
  • SMAK 4 PENABUR Jakarta pada tanggal 26 dan 27 September 2022
  • SMAK 5 PENABUR Jakarta pada tanggal 23 dan 24 September 2022
  • SMAK 6 PENABUR Jakarta pada tanggal 19 Agustus 2022
  • SMAK 7 PENABUR Jakarta pada tanggal 23 dan 24 September 2022
  • SPK SMAK 8 PENABUR Jakarta pada tanggal 6 Agustus
  • SMAK PENABUR Bintaro Jaya pada tanggal 26 dan 27 September 2022
  • SMAK PENABUR Gading Serpong pada tanggal 23 dan 24 September 2022
  • SMAK PENABUR Kota Modern pada tanggal 23 dan 24 September 2022
  • SMAK Harapan Indah pada tanggal 9 dan 10 September 2022
  • SMAK Summarecon Bekasi pada tanggal 16 September 2022
  • SMAK Kota Wisata pada tanggal 19 dan 20 Agustus 2022
  • SMAK Kota Jababeka pada tanggal 24 September 2022
  • SPK SMAK PENABUR Kelapa Gading pada tanggal 24 September 2022
  • SMK Farmasi PENABUR Jakarta 17 September 2022
  • SMAK TIRTAMARTA PENABUR Pondok Indah 24 dan 24 September 2022
  • SMAK PENABUR Paledang 19 dan 20 Agustus 2022

Beradaptasi dengan situasi tatanan baru, pihak sekolah melakukan penyesuaian dalam teknik pelaksanaan edufair. Onsite, Online, dan Hybrid menjadi pilihan. Berikut beberapa liputannya.

Edufair Online

SMAK PENABUR Gading Serpong adalah salah satu sekolah yang mengadakan edufair secara online. Tercatat ada 70 institusi baik dari dalam maupun luar negeri yang terlibat dan memeriahkan kegiatan ini. Kegiatan ini ditujukan untuk semua siswa, yaitu dari kelas X, XI, XII dan Brilliant Class.

Pembukaan edufair disiarkan melalui YouTube dan siswa secara bersama-sama menyaksikan melalui Google Meet kelas yang didampingi oleh wali kelas. Kemudian siswa dapat bergabung ke dalam ruang zoom presentasi universitas yang dibuka secara parallel. Terdapat 7 presentasi dalam 1 sesi dimana siswa sudah mendaftar terlebih dahulu melalui google form.

Tautan zoom juga disebarkan ke para orangtua siswa. Dengan demikian, orangtua siswa juga berkesempatan untuk mengikuti penyampaian informasi melalui device. Setelah mengikuti sesi presentasi, di akhir hari siswa akan kembali ke Google Meet kelas untuk melakukan evaluasi bersama wali kelas.

Selain itu, siswa juga diminta membuat ringkasan tentang informasi apa saja yang mereka dapat dari kegiatan edufair. Tujuan dari tugas ini adalah memastikan bahwa setiap siswa berhasil menggali banyak informasi yang mereka butuhkan untuk merencanakan masa depan mereka.

Edufair Onsite

Berikutnya adalah SMAK 1 PENABUR Jakarta yang menyelenggarakan pameran pendidikan secara onsite. Sejumlah 57 intitusi yang hadir untuk membagikan informasi, terdiri dari 3 Perguruan Tinggi Negeri, 15 Perguruan Tinggi Swasta, 25 dari Luar Negeri, dan 14 Agen Pendidikan.

Pada hari pertama, pembukaan edufair disaksikan oleh siswa dari kelas masing-masing. Hal ini dilakukan untuk menjaga protocol kesehatan, yaitu mencegah terjadinya kerumunan. Kemudian, siswa dapat mengikuti presentasi yang dibuka secara parelel di 28 ruang kelas.

Sedangkan para hari kedua yang bertepatan dengan penerimaan raport, siswa dan orangtua berkesempatan untuk menghampiri booth-booth yang tersedia. Jumlah peserta yang datang juga dibatasi dengan mengontrol jam kedatangan berdasar kelas. Selain itu, semua peserta yang hadir wajib memakai masker dan melakukan check in di aplikasi Peduli Lindungi.

Edufair Hybrid

Sedangkan yang menyelenggarakan pameran pendidikan secara hybrid adalah SMAK 5 PENABUR Jakarta. Teknis ini dipilih agar para siswa dapat bertanya jawab langsung secaara tatap muka sekaligus juga menerima penjelasan melalui zoom dari instansi pendidikan yang tidak hadir secara onsite.

Pihak sekolah menyediakan 16 booth yang digunakan secara bergantian oleh 22 instansi selama 2 hari penyelenggaraan edufair. Selain itu, para siswa kelas X, XI, XII juga dapat mengikuti presentasi yang dibuka di 17 kelas secara paralel dimana pihak instansi menyajikan materi melalui zoom.

Singkatnya, secara total ada 55 instansi baik dari Universitas dalam dan luar negeri serta Agensi Pendidikan yang terlibat dalam kegiatan ini.

Penutup

Selain melalui penyelenggaraan pameran pendidikan, BPK PENABUR Jakarta juga mendukung perencanaan masa depan siswa melalui layanan Bimbingan dan Konseling (BK). Guru BK di setiap sekolah fokus melayani siswa dalam 4 bidang layanan, yaitu pribadi, sosial, belajar, dan karir. Siswa dan orangtua dapat menghubungi guru BK untuk untuk membuat janji temu apabila membutuhkan pendampingan lebih lanjut.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!