Di sebuah desa yang jauh, hiduplah seorang petani pekerja keras yang mempunyai ladang anggur. Tahun demi tahun kebun anggurnya menghasilkan panen yang melimpah. Petani itu menjadi sangat sukses.

Ia memiliki tiga orang putra. Mereka masih muda dan energik namun tidak pernah mau bekerja. Seiring bertambahnya usia petani, dia mulai mengkhawatirkan masa depan putra-putranya.

Kemudian dia jatuh sakit parah dan menyadari kematiannya sudah dekat. Dia memanggil anak-anaknya dan memberitahu mereka,

“Anak-anakku yang terkasih, aku melihat kematianku semakin dekat, tetapi sebelum aku mengucapkan selamat tinggal kepada kalian semua, aku ingin berbagi sebuah rahasia. Ada harta karun yang tersembunyi di bawah ladang. Gali seluruh ladang setelah kematianku untuk menemukannya.”

Petani tua itu meninggal, dan putra-putranya melakukan ritual terakhir. Anak-anaknya mulai menggali harta karun itu tanpa meninggalkan satu pun bagian ladang tetapi tidak menemukan apa pun.

Namun, penggalian ladang mereka justru menghasilkan panen yang sehat dan membuahkan pendapatan yang besar. Penghasilan ini membuat anak-anak menyadari harta karun apa yang dimaksud ayah mereka.

Moral: Kerja keras selalu membuahkan hasil. Buah dari kerja keras selalu manis, baik itu sesuai keinginan atau tidak.

(diadaptasi denngan penyesuaian dari https://www.momjunction.com/articles/best-online-inspirational-stories-for-your-child_0093785/)

Cerita Inspiratif lain..

Kebaikan Tidak Akan Sia-Sia

Keterbatasan Pada Pikiran Kita Sendiri

Berani Bermimpi Besar

Kisah Tentang Koloni Katak