Seksi BK dan Psikoedukatif kembali mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru BK jenjang SD, khususnya dalam hal metode Creative Art. Menangani anak usia SD, memang menuntut kreativitas.

Tak heran, sebab anak usia SD sangat mungkin mengalami kesulitan untuk mengkomunikasikan apa yang terasa mengganggu baginya. Penyebab lain adalah kemungkinan adanya trauma akan hal tertentu yang membuat anak menutup diri sebagai bentuk pertahanan diri atau coping mechanism.

Kondisi semacam ini dapat menjadi penghambat dalam proses tumbuh kembang anak. Bahkan, sangat mungkin mempengaruhi proses akademiknya di sekolah. Disinilah guru BK dapat berperan untuk membantu peserta didik SD untuk mengatasi kesulitannya.

Pelatihan Penggunaan Art Therapy untuk Konseling Peserta Didik SD

Ibu Kurnia Mega Hapsari atau Ibu Nia adalah psikolog anak yang tersertifikasi dalam bidang Play & Creative Art. Bukan kali pertama BPK PENABUR Jakarta mengundang Ibu Nia untuk memperlengkapi guru BK SD dengan ilmu dan wawasannya.

Kali ini, Ibu Nia mengajarkan berbagai metode seni kreatif yang dapat guru BK manfaatkan ketika menangani peserta didik. Mulai dari menggambar dengan cat air hingga bermain dengan plastisin atau malam.

Karya seni yang peserta didik hasilkan dapat menjadi media ekspresi untuk mengkomunikasikan apa yang sulit dikatakan dengan lugas. Dengan demikian, guru BK menjadi lebih mudah untuk melakukan identifikasi dan memberikan bantuan yang dibutuhkan.

Dalam sesi pelatihan yang berlangsung selama 1 hari pada 21 November 2023 ini, Ibu Nia juga menjelaskan tentang teori-teori yang mendasari metode creative art. Antara lain adalah terkait fungsi otak yang terpengaruh ketika anak mengalami trauma dan teknik asosiasi bebas dari psikoloanalisa. Psikoanaliasa adalah salah satu cabang ilmu psikologi.

Fokus Guru BK untuk Mendukung Peserta Didik Tumbuh dan Berkembang

BPK PENABUR Jakarta melalui Seksi BK & Psikoedukatif berupaya untuk terus memfasilitasi guru BK agar terus mengembangkan wawasan dan kompetensi. Setiap tahun ajaran, diadakan pelatihan guru BK untuk setiap jenjang. Hal ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan guru BK yang mungkin berbeda di setiap jenjangnya.

Pelatihan penggunaan art therapy dalam konseling peserta didik SD mendapat tanggapan positif dari peserta. Pada guru BK SD yang terlibat sudah siap untuk mulai menerapkan metode ini untuk mendukung peserta didik agar tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!