Pernah ada seorang pria yang mengajak anjingnya berjalan-jalan setiap Minggu pagi di sekitar danau dekat rumahnya. Minggu demi minggu, dia melihat wanita tua yang sama duduk di tepi air dengan sangkar logam kecil di sebelahnya.

Keingintahuan pria itu akhirnya menguasai dirinya sehingga dia mendekati wanita itu pada suatu hari Minggu. Dia memperhatikan bahwa sangkar itu sebenarnya adalah jebakan kecil dan di dalamnya ada tiga kura-kura kecil. Sedangkan di pangkuannya, ada kura-kura keempat yang dengan hati-hati dia seka dengan spons.

Pria itu menyapanya dan berkata, “Jika Anda tidak keberatan dengan pertanyaan saya, apa yang sebenarnya sedang Anda lakukan dengan kura-kura ini setiap minggu?”

Wanita tua itu tersenyum dan menjelaskan kepadanya bahwa dia sedang membersihkan cangkang kura-kura. Sebab, ganggang atau sampah apa pun yang menumpuk di cangkang kura-kura mengurangi kemampuannya untuk menyerap panas dan memperlambat renangnya. Itu juga dapat merusak cangkangnya dan melemahkannya seiring waktu.

Pria itu terkesan saat wanita itu melanjutkan, “Saya melakukan ini setiap Minggu pagi untuk membantu kura-kura.”

“Tapi bukankah sebagian besar kura-kura hidup dengan alga di cangkangnya sepanjang hidup mereka?” pria itu bertanya.

Wanita itu setuju bahwa itu benar.

Si pria menjadi semakin heran, ia menjawab, “Kalau begitu, Anda baik untuk melakukan ini, tetapi apakah Anda benar-benar membuat perbedaan jika kebanyakan kura-kura tidak memiliki seseorang untuk membersihkan cangkangnya?”

Wanita itu tertawa ketika dia melihat kura-kura kecil di pangkuannya. “Anak muda, jika kura-kura kecil ini dapat berbicara, dia akan berkata bahwa saya membuat perbedaan besar di dunianya.’”

Moral:

“Bagi dunia, Anda mungkin hanya satu orang; tetapi bagi satu orang Anda mungkin adalah dunianya.” —Dr.Seuss

Jangan memilih untuk tidak melakukan apa-apa karena Anda tidak dapat melakukan hal yang besar. Sebab, tindakan satu orang dapat membuat perbedaan besar bagi orang lain.

(diadaptasi dari https://www.developgoodhabits.com/inspirational-stories/)

Cerita Inspiratif lain..

Perumpamaan tentang Pasta Gigi

Katak yang Jatuh ke dalam Panci

Permen dan Kelereng

Rahasia Kesuksesan